twitter
Sekolah Kuliner Praktek Setiap Hari
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 082122565898. PIN BB: 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Jln. Pahlawan Seribu
Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Program

Pages

Senin, 28 September 2015

Tristar Institute BSD - Asyiknya ‘Magang’ Bagi Mahasiswa

Asyiknya ‘Magang’ Bagi Mahasiswa Tristar Institute BSD

 Dalam dunia pendidikan, magang atau praktek kerja lapangan memiliki peran yang sangat   penting dalam membentuk ketrampilan dan kecakapan bagi mahasiswa untuk memasuki  dunia kerja. Tentunya ini bukan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, namun bagi mahasiswa Tristar Institute BSD yang melakukan program magang ini memiliki cerita keasyikan tersendiri.


Magang (Praktik kerja lapangan) sebagai salah satu program kurikulum dikampus Tristar Institute yang wajib ditempuh di tahun ketiga. Mahasiswa Tristar Institute BSD diberikan kemudahan untuk praktek langsung di industri yang bergarak dibidang pengolahan produk makanan, seperti hotel, restoran ataupun katering. 
Amallia Putri Radovani, magang di Hotel  Best Western Hariston Jakarta.
Berbagai cerita seru pun terucap dari beberapa mahasiswa seperti Charles Jonathan So dan Harial Arief Pramana yang magang di katering Wisma Puspa, serta Amallia Putri Radovani yang magang di Hotel  Best Western Hariston Jakarta. Dalam pelaksanaan magang di industri tersebut, mereka mengharapkan dapat menimba ilmu secara langsung mengenai   seluk beluk sistem kerja yang dilakukan industri ini dalam menghasilkan produk makanan yang berkualitas.

“Begitu mendapatkan kesempatan magang di hotel Best Western Hariston, wah rasanya senang. Di hotel ini, saya dan beberapa teman (Dimas, Adji & Debora) terbagi menjadi beberapa bagian. Ada  pastry, hot kichen, gardemanger (cold kitchen), banquet dan butcher. Semula saya ingin fokus di pastry, tetapi harus dirolling akhirnya saya mendapat bagian gardemanger dan production yang tak kalah menarik. Pada saat awal training di dapur, seluruh traine lebih banyak mendapat pengarahan tentang produk apa yang ada di dapur, serta apa saja pekerjaan yang harus dilakukan staf dapur setiap hari. Ini mulai dari cara mempersiapkan hidangan sampai proses pembuatannya. Selain itu, saya juga belajar bagaimana membuat beberapa produk yang disajikan untuk tamu. Seperti, aneka saus & salad, menu tahu telur Surabaya, spring roll, dan masih banyak lagi. Yang pasti kegiatan di dapur hotel ini menyenangkan” ungkap Radov, mahasiswi dari kelas Pastry.


Lain halnya dengan cerita keasyikan mahasiswa yang magang di katering Wisma Puspa, Charles Jonathan So, Thirza Angelina Asianti dan Harial Arief Pramana. “Semakin hari tugas yang kami dapat semakin mengasyikkan. Kami tidak hanya sekadar membantu pekerjaan staf yang ada dibagian jajan pasar, puding ataupun cake International. Namun, kami mendapat kepercayaan untuk membuat produk makanan yang diorder. Saya (Charles J. So) dan Harial dibagian pastry. Setiap hari kita membuat produk, seperti double cheese cake, hot pudding, aneka mousse, chocomeltcake, yang jumlahnya sudah tidak puluhan tapi ribuan. Sekitar 2000 hingga 3000 porsi. Awalnya hal seperti itu terasa berat bagi kami, tetapi sekaligus memberi kepuasan tersendiri saat kami mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik meskipun berada di bawah tekanan yang tinggi. Kami juga menemukan berbagai macam hal menarik saat magang di dapur. Lewat  magang ini, kami juga belajar banyak dari staf di dapur tentang personal grooming, attitude, hingga berbagai macam jenis bahan, teknik pengolahan dan jenis makanan yang jarang ada di dalam kehidupan sehari-hari kita,” jelas Charles J. So dan Harial dengan bangga.

Chef Kristin Gultom (kiri) bersama Chef Andi (dari Catering Wisma Puspa) & Chef Mahmudi
 “Dengan program magang ini, diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan ilmu dan pengalaman yang telah diperoleh selama masa pendidikan dan saat magang untuk melanjutkan kiprahnya di dunia kerja yang sebenarnya. Sebab, untuk dapat terjun langsung di industri tidak hanya dibutuhkan pendidikan formal, namun diperlukan juga ketrampilan (skill) dan pengalaman pendukung untuk lebih mengenali bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Sehingga mereka tidak hanya ahli di kelas, namun juga dipersiapkan untuk menjadi ahli di lapangan atau dalam dunia kerja nyata” tutur Chef Kristin Gultom yang sehari-hari mengajar kelas pastry di Tristar Institute BSD. *Upi


Tristar Institute – Serpong Jakarta
Komplek Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp : 021-5380668.
HP : 081286358533.
PIN BB : 2A96E298.
Fax : 021-53155652.

GALAXY TRAINING CENTRE JAKARTA
Kursus Wira Usaha & Teknologi Pangan
Telp: 021-53151389.
Flexi: 021-49111425. PIN BB: 2A8798AE
Simpati: 081318230199. IM3: 085775501848.
Serpong - Tangerang







Tidak ada komentar:

Posting Komentar