twitter
Sekolah Kuliner Praktek Setiap Hari
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 082122565898. PIN BB: 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Jln. Pahlawan Seribu
Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

Program

Pages

Rabu, 02 September 2015

Advanced Class – Ujian Kreasi Makanan Menggunakan Teknik Molecular Gastronomy

Advanced Class – Tristar Institute BSD
Ujian Kreasi Makanan Menggunakan Teknik Molecular Gastronomy


Apa yang terjadi ketika sains diterapkan dalam kuliner? Setelah belajar mengenai materi molecular gastronomy, mahasiswa Tristar Institute BSD diuji kemampuannya untuk membuat produk makanan dengan bantuan seni memasak dalam molecular gastronomy. Wah sensasi hasilnya cukup unik dan menarik.

 
 Pengetahuan akan molecular gastronomy membuat para mahasiswa dapat mengeksplorasi lebih jauh mengenai dunia kuliner secara ilmiah. Dengan menerapkan seni molekuler ini, mereka dapat menciptakan hidangan baru yang menarik. Tentunya hidangan makanan yang unik dan lezat  tersebut akan memberikan kejutan bagi siapa saja yang melihatnya.


Nah, berikut beberapa sajian unik & menarik kreasi mahasiswa Tristar Insitute BSD yang dibuat menggunakan teknik molecular gastronomy:

 1.      Deconstructed Bruschetta with Pesto (Kreasi: Andreas Prabu M.)
Siapa yang menyangka bahwa makanan ini adalah bruschetta.  Jika tersaji dalam bentuk seperti ini: tomato concasse dibuat menyerupai daging asap membalut roti French bread disajikan di piring, dilengkapi daging dimasak menggunakan sousvide hingga medium well, dilengkapi pesto dan keju parmesan yang crispy. Ditambah berhiaskan olive oil powder bercitarasa gurih. Penasaran’kan ?



2.      Deconstructed Curried Beef with Lemongrass Jelly (Kreasi: Charles Jonathan So)
Tak kalah unik, Charles Jonathan So menghadirkan daging curry dimasak menggunakan sousvide. Daging ini disajikan cantik dipadukan lemongrass jelly, curry sphere membentuk gelembung yang menarik, ditambah dehidrated potato sebagai hiasan dan pineapple foam sauce. Wow, unik sekali.


 3.      Blazed Creamy Penne Pocket (Kreasi: Debora Febe R.H)
Pasta penne yang bentuknya berlubang seperti pipa akan tetapi ujungnya berbentuk serong ini hadir dalam olahan yang cukup unik. Dipadu dengan cream yang lembut dibalut dengan lembaran pasta dibentuk kantung dan dipanggang, makin terasa enak enak olesan saus.



4.      Tuna Wrapped Nori Jelly with Asparagus Puree & Dashi Gel (Kreasi: Harial Arief P.)
Dari namanya tentu sudah bisa menebak-nebak kejutan apa lagi yang dihasilkan dengan teknik memasak gastronomi molekuler. Ikan tuna dibalut dengan lembaran nori jelly yang  lembut, ditambah asparagus puree sebagai saus dan berhiaskan butiran-butiran bening daishi gel yang dibuat menggunakan teknik gelifikasi. Begitu dirangkai, sajian makanan ini tampak cantik.


  5.      Tenderloin with Mushroom & Carrot Sphere (Kreasi: Ayu Wukir P.)
Daging tenderloin yang dimasak secara sousvide ini hadir dalam bentuk steak. Disajikan dengan saus jamur yang cukup simpel, dipadukan mashed potatoes dan wortel. Uniknya, jus wortel dibuat bentuk bulat ini begitu cantiknya dengan proses molecular gastronomy menggunakan teknik spherifikasi.


 6.      Chicken Yellow Puff (Kreasi: Thirza Angelia A.)
Gurihnya puff dipadu isian wortel, kentang dan bawang prei yang dipanggang ini, citarasanya makin sempurna dipadukan bumbu kuning. Dengan sentuhan molecular gastronomy, tampilan sajian ini makin unik, ada foam sauce yang dibuat dari cairan bumbu kuning dan lecithine, lalu taburan garlic powder yang dibuat dengan campuran maltodextrine.


 7.      Pempek Keju with Cuko Foam (Kreasi: Amallia Putri Radovani)
Mengusung citarasa makanan tradisional, sajian pempek kapal selam dari Palembang ini ternyata unik juga dipadukan dengan saus cuko yang menggunakan molecular gastronomy teknik foam (busa). 


 8.      Castle Barracuda with Yoghurt Sauce (Kreasi: Dimas Syaiful B.)
Sajian yang menceritakan steak daging ikan berukuran besar di istana dalam air yang diwujudkan dari saus yoghurt, dan berhiaskan bubble berwarna biru menggunakan molecular gastronomy.
                    


9.      Mini Chicken Pie Cozy Cone (Kreasi: M. Adji Triarta)
Bentuk sajian yang berukuran mungil ini cukup unik, bentuknya seperti terompet. Begitu digigit, akan dikejutkan oleh citarasa krim ayam yang lembut. Sebagai penutup tampilan krim cukup cantik diatasnya.




Bagaimana, unik dan menarik bukan? Dengan ilmu pengetahuan molecular gastronomy semua dapat menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, belajar dan rasakan kenyamanan belajar dikampus Tristar Institute BSD-Serpong. *Upi


Sekolah Kuliner & Akademi Perhotelan
Info Kuliah di Jakarta:
Kampus BSD Serpong Jakarta:
S1 Culinary Business (SE)
S1 Hotel Management (SE)
S1 Food Technology (STP)

Tristar Institute BSD – Serpong Jakarta
Komplek Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp : 021-5380668.
HP : 081286358533.
PIN BB : 2A96E298.
Fax : 021-53155652.

GALAXY TRAINING CENTRE JAKARTA
Kursus Wira Usaha & Teknologi Pangan
Telp: 021-53151389.
Flexi: 021-49111425. PIN BB: 2A8798AE
Simpati: 081318230199. IM3: 085775501848.
Serpong - Tangerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar